Senin, 27 Maret 2017

SATUAN UKURAN SUDUT

Pernahkah kamu memperhatikan gerakan gelombang laut sampai ke pinggir pantai/ dinding suatu pelabuhan? Tahukah kamu bagaimana cara mengukur kedalaman laut/samudera? Fenomena nyata ini merupakan sebagain dari penerapan trigonometri dalam kehidupan nyata. Dalam bidang fisika, teknik, dan kedokteran, trigonometri mengambil peranan penting dalam pengembang teknologi kedokteran dan teori-teori fisika dan teknik. Dalam Matematika, trigonometri digunakan untuk menemukan relasi antara sisi dari sudut pada suatu segitiga.

 

A.      Ukuran Sudut (Derajat dan Radian)

Pada umumnya, ada dua ukuran yang digunakan untuk menentukan besar suatu sudut, yaitu derajat dan radian. Tanda ““ dan “rad” berturut-turut menyatakan simbol derajat dan radian. Singkatnya, satu putaran penuh = atau  didefinisikan sebagai besar sudut yang dibentuk oleh    putaran penuh. Cermati gambar berikut ini!

 

Tentunya, dari Gambar 8.1, kita dapat mendeskripsikan untuk beberapa satuan putaran yang lain. Sebelum kita memahami hubungan “derajat dengan radian”, mari kita pelajari kajian berikut ini.

Satu radian diartikan sebagai ukuran sudut pusat α suatu lingkaran yang panjang busurnya sama dengan jari-jari, perhatikan Gambar 8.2.

 

Jika besar

Jika panjang busur tidak sama dengan r, maka cara menentukan besar sudut tersebut dalam satuan radian diselesaikan menggunakan definisi perbandingan:

 

Lebih lanjut, hubungan satuan derajat dengan satuan radian, bahwa 1 putaran penuh sama dengan 2π rad. Seperti dinyatakan dalam definisi berikut

 

Contoh:

 

 


EmoticonEmoticon